OSIS Al Kausar Boarding School adalah Organisasi Intra Sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan potensi para siswa-siswi SMA Insan Cendekia Al Kausar dan SMP Internat Al Kausar dengan program kerja yang bermanfaat demi terwujudnya sekolah terbaik yang dapat menghasilkan calon-calon pemimpin masa depan yang berkepribadian islami, menguasai iptek, terampil dan mandiri.

Pada Rabu, 02 Mei 2018 Pengurus Inti OSIS bersama pembina mengadakan studi banding keorganisasian ke School of Universe di Parung Bogor. Pengurus OSIS periode 2017/2018, yang turut dalam agenda studi ini adalah Sania Pangesti (XI), Firda Hanan Bahjah (X), Adriana Adrawisesa (XI), Muhammad Hanif Abrar (X), dan Muhammad Faisal Asyrofi (XI). Didampingi oleh  Kepala Kesiswaan Bapak Arif Budianto, M.Pd, Pembina OSIS Ibu Dini Septianita, S.Pd, dan Bapak Sandy Husein Abdullah, S.Pd.I.

OSIS School Of Universe, merupakan sekolah yanga ada semua tingkatan pendidikan, yaitu Kelompok Bermain (KG/PG), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Menengah (SM), dan dengan kurikulumnya, yakni  4 pokok pengembangan: Pengembangan akhlak, dengan metode ‘teladan’; Pengembangan logika, dengan metode action learning ‘belajar bersama alam; Pengembangan sifat kepemimpinan, dengan metode ‘outbound training; Pengembangan mental bisnis, dengan metode magang dan ‘belajar dari ahlinya’ (learn from maestro); dan Dalam tingkat SM, kurikulum dikembangkan dari integrasi antara basic curriculum dengan Lifeskill Curriculum dengan porsi 50:50

Sama halnya dengan Al Kausar Boarding School, visi School of Universe juga luar biasa, menjadikan studi banding (silaturahmi) ini bisa saling melengkapi satu sama lain, dari segi program keorganisasian yang dilaksanakan dan dari segi pengalaman satu sama lain. Ada fokus tujuan dan pengembangan di dua sekolah ini, yakni  mampu menjadi jiwa yang leadership, dan itu kesamaannya. (Dini / Pembina OSIS).

Kegiatan yang bertujuan meningkatkan rasa solidaritas antar sekolah, sarana menambah wawasan, mempelajari  kegiatan-kegiatan dan  ide yang sifatnya dapat menambah kegiatan-kegiatan yang sudah ada, memotivasi siswa untuk lebih kreatif dalam membuat kegiatan yang berhubungan dengan keorganisasian, menyambung ikatan silaturrahmi antar sekolah, dan untuk mempelajari dan memperoleh pengetahuan / informasi tentang tata laksana keorganisasian satu sama lain.

Harapannya, kegiatan ini bisa terus berjalan dan terlaksana dari tahun ketahun, untuk dapat meningkatkan wawasan, bertukar pengalaman, dan tentunya  mempererat tali silatrahmi satu sama lain. (DS)