Sesungguhnya Allah ‘azza wajalla akan memasukkan tiga orang ke dalam surga lantaran satu anak panah; orang yang saat membuatnya mengharapkan kebaikan, orang yang menyiapkannya di jalan Allah serta orang yang memanahkannya di jalan Allah.” Beliau bersabda: “Berlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kalian memilih memanah maka hal itu lebih baik daripada berkuda.” (HR. Ahmad – 16699)

Hadits di atas menggambarkan betapa Rasulullah saw sangat menganjurkan agar seorang muslim peduli dengan persiapan untuk berjihad di jalan Allah. Memanah dan berkuda merupakan dua kegiatan yang terkait dengan hal itu.

Berangkat dari sunnah Rasul yang menyebutkan bagi setiap muslim agar sebaiknya bisa memanah, berkuda dan berenang, siswa dan siswi Al Kausar diberi bekal olahraga sunnah Rosul untuk membentuk dan memperkuat karakter Islami mereka, sesuai dengan bagian visi Al Kausar “Menjadi Pemimpin Yang Berkepribadian Islami”.

Kegiatan memanah di Al Kausar dianungi dalam Al Kausar Archery, berdiri pada tahun 2014 bekerjasama dengan lembaga INASP (Indonesia Archery School Program). Dengan visi Calm, Focus, Brave dan Win diharapkan anak-anak bisa melatih diri untuk memiliki karakter dan kepribadian islami sebagaimana Rosulullah SAW. Kegiatan Al Kausar Archery dilaksanakan setiap hari Sabtu, Ahad dan Senin. Siswa-siswi mendalami nilai-nilai memanah.

SKM (Sertifikasi Kemahiran Memanah) yang diadakan oleh INASP setiap 3 bulan sekali dimana siswa-siswi Al Kausar akan diuji kemahiran memanah mereka dengan para pemanah se Indonesia. Kegiatan SKM Pada Ahad (19/11) tim Al Kausar Archery mengikutsertakan 27 peserta. Menurut Ustadz Sandy Husein Abdullah, selaku pembimbing sekaligus pelatih,  kegiatan ini diadakan sebagai tolok ukur bagi para archer Al Kausar dalam proses pembelajaran dan peningkatan kemampuan mereka dalam memanah.

Dari 27 Peserta  3 siswa mengikuti SKM Level 3 dengan jarak 18 Meter, 6 Siswa level 2 dengan jarak 15 meter dan 18 siswa-siswi level 1 dengan jarak 10 meter. Alhamdulillah 21 dari 27 siswa-siswi Al Kausar Archery dinyatakan LULUS sertifikasi memanah, bahkan salah satu archer Al Kausar Adam Sulthonulfalah alhamdulillah berhasil meraih best score tingkat tiga dari 150 peserta yang hadir dalam acara SKM. Semoga para archer Alka terus mampu meningkatkan skill, karakter dan kepribadian kami seperti Rosulullah SAW, serta mampu mendakwahkan olahraga sunnah ini ke berbagai penjuru Dunia. Amiiin (SHA)