DCIM100GOPROG0662242.
DCIM100GOPROG0662242.

Pelatihan Instruktur Nasional Guru Pembelajar merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka meningkatkan kompetensi guru-guru di Indonesia. Program ini merupakan tindak lanjut dari hasil penilaian Uji Kompetensi Guru (UKG) se-indonesia yang telah dilaksanakan beberapa bulan yang lalu. Guru-guru yang memiliki skor UKG tertinggi di setiap kabupaten diundang untuk menjadi instruktur nasional dalam program guru pembelajar. Alhamdulillah, Bapak Auliyaz Ibrahim, S.Pd. (bidang Matematika) dan Ibu Nurpatria Kusworini, S.Pd. (bidang Bahasa Inggris) dari SMA Insan Cendekia Al Kausar terpilih untuk mengikuti pelatihan Instruktur Nasional (IN) Guru Pembelajar.

Pelatihan Instruktur Nasional Guru Pembelajar diselenggarakan oleh P4TK masing-masing bidang dan dilaksanakan selama 9 hari di Bandung untuk Matematika, sedangkan untuk bidang bahasa Inggris dilaksanakan 10 hari di Bogor. Untuk bidang Matematika, dilaksanakan pada hari Jumat, 22 Juli 2016 s/d Sabtu, 30 Juli 2016 sementara bidang bahasa Inggris dilaksanakan pada hari Senin, 1  Agustus s/d Rabu, 10 Agustus 2016. Dalam pelatihan ini, para instruktur nasional diberi pembekalan mengenai program guru pembelajar mulai dari petunjuk tenis penyelenggaraan program guru pembelajar hingga pengkajian modul yang akan digunakan saat pelaksanaan program guru pembelajar. Pelatihan diakhiri dengan pembuatan Rencana Tindak Lanjut (RTL) untuk masing-masing kota/kabupaten dan simulasi program guru pembelajar.

Semoga ilmu yang telah didapatkan dari pelatihan ini dapat bermanfaat bagi rekan guru lainnya dalam rangka mencerdaskan generasi muda bangsa Indonesia. Semangat Guru Pembelajar! (AI-NK)