Kamis, 22 Maret 2018 siswa-siswi kelas 7 yang berjumlah 33 orang dengan didampingi 3 guru mengunjungi Museum Sri Baduga yang berada di Tegallega Bandung. Kunjungan yang dilaksanakan dalam rangka Studi Tur Bahasa Sunda ini berjalan dengan baik dan lancar. Dengan berbekal Lembar Kerja Siswa (LKS), sebagian besar siswa antusias mengumpulkan data sebanyak-banyaknya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam LKS.

Kunjungan ini, dimaksudkan agar siswa kelas 7 mengenal identitas Jawa Barat, mulai dari sejarah terbentuknya wilayah provinsi, perkembangan budaya dari masa ke masa, kondisi mata pencaharian masyarakat Jawa Barat saat ini, hingga potensi alam dan wisata yang ada di Jawa Barat. Berbekal pengetahun ini, siswa akan lebih mencintai wilayah tempat mereka menuntut ilmu dan bersyukur akan kekayaan alam dan budaya yang diberikan.

Gedung museum yang terdiri dari 3 lantai ini cukup menarik untuk dikunjungi, baik oleh siswa maupun umum. Koleksi museum yang ada cukup memberikan gambaran utuh tentang Jawa Barat, meskipun beberapa diorama yang dipamerkan sebagiannya ada yang tidak berfungsi. Tentunya ini harus menjadi perhatian pemerintah provinsi untuk terus memelihara bahkan menambah koleksi museum agar lebih nyata menunjukkan kekayaan Jawa Barat. (wah)