Setelah mengikuti lomba Guru Berprestasi tingkat Kabupaten Sukabumi tanggal 12-13 April 2018 lalu, dan bertepatan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018, bapak Bahar Sungkowo S.Pd, M.Pd dinobatkan sebagai pemenang ke-2 Lomba Guru Berprestasi Tingkat SMP se-Kabupaten Sukabumi.

Bersyukur pak Bahar dan SMP Internat Al Kausar, saat penyerahan secara simbolik diminta untuk menerima penghargaan dan dipanggil ke depan untuk berjabat tangan dengan bapak Bupati Kabupaten Sukabumi Bapak Drs. Marwan Hamami, M.M. Ini merupakan peringatan Hari Pendidikan Nasional yang mengesankan bagi pak Bahar.

Menurut Pak Bahar, Perjalanan lomba hingga terpilih menjadi pemenang kedua, tidaklah mudah. Seleksi yang dilaluinya cukup menguras energi ; pemilihan dari Sekolah dan menugaskan pak Bahar untuk seleksi tingkat Kabupaten mewakili komisariat Cicurug, kemudian seleksi di tingkat Kabupaten selama dua hari yakni tanggal 12-13 April 2018. Seleksi pertama adalah mengerjakan soal empat kompetensi guru selama satu setengah jam. Di hari kedua dilaksanakan seleksi wawancara hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebagai kreativitas mengajar dan pemecahan masalah pembelajaran di kelas. Dalam seleksi ini semua guru TK, SD dan SMP, kepala sekolah dan pengawas berprestasi di tingkat Kabupaten Sukabumi wajib mengumpulkan berkas berupa : portofolio dan laporan pelaksanaan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Dan Alhamdulillah akhirnya, pak Bahar dapat meraih juara 2 Guru berprestasi SMP pada lomba PTK (Pendidik dan tenaga Kependidikan) berprestasi tahun 2018. Semoga saja di tahun-tahun mendatang pak Bahar dapat meraih prestasi-prestasi lagi untuk mengharumkan nama SMP Internat A Kausar. Bravo pak Bahar. (wah)