Bertempat di Pondok Halimun, Sukabumi sebanyak 49 siswa kelas XI mengikuti program kemping tadabur alam & pelatihan survival pada Jum’at-Sabtu, 30-31 Maret 2018.

kegiatan ini sendiri merupakan agenda kegiatan rutin tahunan yang di ikuti oleh siswa SMP Internat Al Kausar & SMA Insan Cendekia Al Kausar.

Kegiatan tahunan yang dilaksanakan 2 hari 1 malam ini diantaranya bertujuan untuk memupuk dan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT melalui aktivitas tadabur alam, membangun rasa bangga sebagai bangsa Indonesia dengan panorama dan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki, meningkatkan kemampuan murid untuk beradapatasi dengan alam dan lingkungannya, serta mengembangkan kemampuan murid untuk menghadapi tantangan hidup yang dihadapi.

Kegiatan kemping yang biasa diperuntukkan bagi siswa tahun kedua baik SMP maupun SMA ini digunakan sebagai referensi penilaian kompetensi kepemimpinan yang merupakan visi Al Kausar Boarding School.

Berbagai materi mewarnai agenda kemping ini, diantaranya adalah dasar-dasar survival. beberapa di antaranya yaitu:

  • mencari sumber air
  • sumber makanan
  • dasar-dasar navigasi darat
  • Keterampilan simpul
  • dan pertolongan pertama pada musibah tingkat lanjut.

Mencari Sumber AIR

disini para siswa di ajarkan bagaimana mencara sumber air ketika survival. beberapa di antaranya sumber air sungai, tanaman yang mengandung banyak air & bisa di minum, menyiapkan alat tadah hujan ( menampung air hujan pada wadah penampungan ), dll.

Sumber makanan

ketika dalam keadaan survival dan dalam kondisi makanan habis, siswa di ajarkan jenis-jenis serta ciri-ciri khusus tanaman yang bisa di makan. selain tanaman berbagai hewan juga bisa menjadi sumber protein makanan.

Navigasi Darat

pada kegiatan navigasi darat. siswa di bekali kemampuan dasar bagaimana menentukan posisi survivor dengan mengunakan peta & kompas tembak.

Keterampilan Simpul

keterampilan simpul sangat di perlukan ketika survival. simpul mempunyai banyak sekali fungsi, seperti membuat tandu, membuat jebakan hewan buruan dll.

Pertolongan pertama pada Kecelakaan

pertolongan pertama pada kecelaan juga mutlak di perlukan ketika survival. teknik membidai, membuat tandu dengan berbagai peralatan seadanya, serta penanganan luka sangat di perlukan bagi survivor.

(ds)