Supercamp I am a Leader 2

Supercamp I am a Leader 2

Supercamp I am a Leader II adalah salah satu bentuk kegiatan untuk siswa dalam hal kepemimpinan, 7 kebiasaan yang efektif, dan keorganisasian. Rangkaian kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dimulai dari tanggal 15 -17 Januari 2016.

Kegiatan Supercamp ini diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kepala Kampus Al Kausar, Bpk. H. Supriyatin. Adapun sekilas materi yang disamaikan adalah mengenai ikhlas, sidiq, amanah, taawun, dan tawazun. Hal tersebut akan terintegrasi dalam kegiatan supercamp II.   Selanjutnya siswa berangkat menuju Camp di Pondok Halimun, Sukabumi. Sesampainya di lokasi, siswa mendirikan tenda, shalat dzuhur, makan siang dan dilanjutkan dengan games yang terkait dengan 4 prinsip 7 habit. Bakda Ashar kegiatan dilanjutkan dengan games Business Revolution. Sore hari para peserta camp melakukan kegiatan mandiri seperti masak dan shalat berjamaah. Malam hari setelah shalat Isya, siswa mendapatkan materi mengenai kepemimpinan islam (ikhlas, amanah, sidiq, taawun, dan tawazun), sebelum istirahat siswa diminta untuk tilawah dan lembar mutaba’ah kegiatan mereka yang telah dilakukan.

Keesokan harinya siswa melakukan kegiatan lintas alam berupa trekking ke Curug Cibeureum, perjalanan menuju curug kurang lebih memakan waktu 90 menit. Kegiatan peserta camp dilanjutkan kembali setelah istirahat dan shalat dzuhur. Siswa mendapat materi Tandu di pos 1, siswa diminta untuk membuat tandu yang dapat digunakan untuk mmebawa korban yang sedang sakit. Simulasi pembatan tandu ini memakan waktu 90 menit. Setelah itu sisa menuju Pos 2 yaitu penggunaan kompas, dilanjutkan dengan susur sungai dan P3K. Malam harinya diisi dengan performance dari para peserta yang terkait dengan 4 prinsip 7 habits yang sudah mereka dapatkan sebelumnya. Pada hari terkahir peserta camp melakukan kegiatan refleksi diri secara mandiri pukul 02.00 pagi kemudian dilanjutkan dengan shlat subuh berjamaah. Pagi hari siswa melakukan apel dan senam pagi dilanjutkan dengan aksi social berupa peletakan kantong-kantong sampah di area sekitar camp ground. Kegiatan diakhiri dengan upacara penutupan yang dihadiri oleh peserta dan panitia Supercamp. (kq)

Supercamp I am a Leader 2

Supercamp I am a Leader 2

Supercamp I am a Leader 2

Supercamp I am a Leader 2 SMA