Dalam rangka menguatkan orientasi pendidikan lanjutan untuk siswa-siswi SMA Insan Cendekia Al Kausar, Tim Bimbingan Konseling memiliki program kegiatan kunjungan kampus yang dinamai Goes to Campus. Sebanyak 47 siswa kelas 11 dengan didampingi Pak Indra, Pak Mung, Pak Rendy, Bu Ema, dan Bu Masturoh, mereka mengunjungi 3 universitas ternama yakni IPB, UI, dan ITB.

Dalam kunjungan studi kampus yang dilaksanakan 23-24 Maret 2018 ini, panitia mengagendakan variasi kegiatan yakni studium generale, keliling kampus, silaturahim & dengar pengalaman bersama para alumni di ketiga kampus tersebut, serta tadabbur alam.

Perjalanan dimulai dengan mengunjungi kampus Institut Pertanian Bogor. Setelah perjalanan yang menempuh kurang lebih 2 jam dari Alka, alhamdulillah peserta GTC tiba di kampus IPB. Mereka antusias mengikuti setiap rangkaian kegiatan ini hingga berakhir dengan salat Jumat di kampus tersebut. Kunjungan berikutnya adalah kampus Universitas Indonesia di Depok, dan terakhir ITB.

Satu hal yang perlu disyukuri almamater adalah bagaimana hangatnya alumni SMA Insan Cendekia Al Kausar yang tengah kuliah di perguruan tinggi tersebut menyambut adik-adik kelasnya saat berkunjung. Mereka bahkan merancang penyambutan yang menarik, seakan mereka berlomba menjadi yang terbaik diantara kampus lainnya agar peminat masuk PTN itu dari Alka semakin banyak lagi. (wah)