Adam Juara 1 dan Umum di Creanovation Awards 2016 Tk Nasional

Adam Juara 1 dan Umum di Creanovation Awards 2016 Tk Nasional, Setelah sukses dengan Creanovation Awards 2015, Fakultas Teknik (FT) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang kembali menggelar ajang serupa tahun 2016 ini. Alhamdulillah di babak grand final yang digelar di Gedung E Kampus Udinus Semarang, Sabtu (14/5/2016) itu, M Adam Attariq Suryawardana (XI.IPA.1) SMA Insan Cendekia Al Kausar dari Sukabumi tampil sebagai juara 1 sekaligus juara umum.

adam

Karya Adam yang diberi judul Garduino Smart Microcontroller adalah karya originalnya dalam KIR di bawah arahan Bapak Mung Mulyana sebagai salah satu kewajiban setiap siswa yang duduk di kelas 11. Karyanya ini cukup menyedot perhatian pengunjung lomba, khususnya dosen dan mahasiswa teknik Udinus. Maka tidak heran kalau wartawan pun berburu mewawancari Adam seputar karyanya ini.

IMG-20160516-WA0072
Creanovation Awards 2016 merupakan lomba kreativitas dan inovasi tingkat nasional untuk siswa SMA dan sekolah sederajat yang digelar setiap tahun oleh FT Udinus. Dalam ajang ini, para peserta diwajibkan menciptakan produk atau metode inovatif yang dituangkan dalam bentuk ide, gagasan, model, formulasi, produk maupun purwarupa.

Tak berbeda jauh dengan event tahun sebelumnya, Creanovation Awards 2016 ini pun dibagi dalam lima kategori, yakni lomba produk olahan makanan, perkakas/alat bantu, game, penalaran, serta green technology. Sebanyak 160 peserta turut serta dalam ajang kali ini. Namun dari jumlah tersebut panitia kemudian mengambil 140 peserta yang lolos dari seleksi administrasi. Selanjutnya setelah dilakukan penjurian awal diambil 30 tim terbaik yang berhak lolos ke babak final.

“Peserta yang lolos ada 30 tim, mereka tidak hanya dari Jawa. Ada yang dari Palembang dan Sulawesi, seperti Bulukumba,” jelas Ketua Panitia Creanovation Awards 2016, Tita Talitha, dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Sabtu malam.

IMG-20160516-WA0074

Perjuangan Adam menjelang lomba memang cukup hebat, mental pantang menyerahnya terlihat saat ia harus secepatnya mengunggah video karyanya dan mengirimkan poster ke panitia. Berkat kesabaran Pak Bahar sebagai pembimbing teknis lomba, alhamdulillah semua proses tahapan lomba pun ia lakukan dengan baik meskipun harus berbagi waktu dengan tugas Adam lainnya. Selamat buat Adam. (wah)

Adam3